Home » » Macam-Macam Perlombaan 17an

Macam-Macam Perlombaan 17an

Written By Dwy on Sabtu, 04 Agustus 2012 | Sabtu, Agustus 04, 2012

Banyak yang bilang kalau lomba 17 Agustus sama sekali gak ada kaitannya dengan perjuangan para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan kita hingga akhirnya gugur dimedan perang. Tapi, menurut ane sangat gak bijaksana mengatakan itu semua. Karena apa? Karena kita patut untuk merayakan sebuah kemenangan, sebuah kemerdekaan, sebuah perjuangan yang akhirnya kita raih, dalam rangka mengenang jasa-jasa mereka.

Jika kita berkunjung ke Amerika pada tanggal 4 Juli, mungkin kita akan menyaksikan sebuah pesta kembang api, yang sangat mewah dan sangat mengagumkan sekali, untuk merayakan sebuah kemenangan mereka. Begitu pula dengan negara kita Indonesia yang tercinta ini, kita sedang merayakan sebuah kemenangan yang sangat didamba-dambakan dan dinanti-nantikan oleh para pendahulu kita, yaitu para pahlawan. Dan kita pun juga sedang berpesta untuk merayakan kemerdekaan kita, seperti negara-negara yang lainnya. Namun caranya berbeda.

Tapi TS sendiri merasa sepertinya perayaan terakhir kurang meriah, barangkali karena bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Tapi jangan salah TS juga seorang muslim, kita gak perlu mengorbankan puasa kita untuk lomba-lomba yang berat (yang bikin haus). Kan masih ada perlombaan ringan yang gak bikin puasa batal. Jangan malah memilih untuk tidak merayakannya. Tapi mungkin yang TS tulis disini gak semuanya, cuma lomba yang paling umum dan sering ada aja ya . Langsung aja ini dia lomba-lombanya.

1. Panjat Pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba aneh yang sangat menyenangkan sekali. Dibuat dari pohon pinang yang tinggi dan dilumuri pelicin, dan diujung tiang tersebut di gantung bermacam-macam hadiah, mulai dari Tas, HP, TV, Makanan, hingga Sepeda. Lalu tiang tersebut di tanam di sebuah tanah berlumpur, biasannya orang indonesia menggunakan sawah sebagai medannya. Tapi kalo ditempat TS dilapangan

Cara Main:
Permainan ini dimainkan oleh banyak orang, tidak ditentukan jumlahnya. Namun biasanya permainan ini dibuat beberapa kelompok, dan diberi timernya. Setiap kelompok harus bisa memanjat hingga keujung tiang, untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang bisa diraihnya, namun apabila sampai waktu yang ditentukan sang kelompok belum juga sampai diujung tiang, maka terpaksa, kelompok lain harus menggantikan perjuangannya. Berputar terus seperti itu, dan apabila semua kelompok telah menyerah, maka terpaksa semua kelompok harus bergotong royong untuk mengambil hadiah yang ada diujung tiang, dan hadiahnya dibagi rata.

2. Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini pasti selalu ada dalam perayaan 17an (itu kalo di daerah TS lo). Gak tau kenapa selalu ada, tapi lomba ini memang sangat menyenangkan dan biasanya pesertanya anak-anak kecil. Tapi gak menutup kemungkinan kok kalo ente umur 19 tahun mau main ginian (kan malu lawannya banyakan anak kecil

Cara Main :
Main lomba ini gampang kok, tinggal makan kerupuk yang dah digantung. Tapi inget, jangan pake tangan ntar didiskualifikasi ente

3. Masukin Paku ke Dalam Botol

Permainan ini menurut ane cukup susah, karena harus menggunakan semua peralatan yang ada, kayak Botol, Paku dan Tali. Nah pertama-tama ente harus menali paku di tubuh ente, terus julurkan paku yang udah ente tali tadi dibelakang (maaf) pantat ente, masukin dah kedalam botol.

Cara Main :
Caranya adalah dengan memasukkan paku kedalam botol. Nah letak kesulitannya karena paku yang mau dimasukin itu digantungnya dibelakang (maaf) pantat kita. Nah kan jadi susah tuh ngeliat sama ngepasinnya.

4. Balap Karung

Perlombaan balap karung ini sebenernya cukup sederhana, kalian cuman harus melompat-lompat dengan cepat. Tapi lompatnya bukan dengan kaki bebas, tapi kakinya dipakein karung. Jadi ya rada-rada susah gimana ya? Tips dari TS kalo kalian main ini bayangin aja ada pocongk atau emak ente lagi marah atau apalah yang ente anggap serem lagi ngejar-ngejar dibelakang ente . ane jamin ente bakal menang .

Cara Main :
Pertama kalian memakai karung seperti make sarung, tapi gak dilipet2 kayak sarung. Pegang karungnya pake tangan biar gak melorot. Nah abis itu udah deh ente lompat-lompat secepetnya sampe garis finish.

5. Bakiak

Lomba bakiak di sini adalah bakiak beregu. Biasanya satu bakiak panjang untuk tiga orang. Ini adalah lomba adu cepat dengan tiap-tiap kelompok terdiri dari tiga orang yang berada dalam satu bakiak dan berjalan secepat mungkin untuk mencapai finish. Meski sederhana lomba ini tidaklah mudah. Bila salah langkah bisa terjatuh.

Cara Main :
3 peserta memakai satu bakiak secara bersamaan, lalu berjalan harus kompak. karena sandalnya satu. kalau yang satu melangkah yang satunya diam, bisa jatoh.

6. Kelereng

Lomba ini paling digemari anak-anak. Lomba ini adalah berlomba jalan cepat untuk mencapai finish dengan menggigit sendok yang di atasnya berisi sebutir kelereng. Bila kelereng jatuh berarti kalah. Bentuk kelereng yang bulat dan licin tentu membuat setiap peserta lomba ini harus berhati-hati saat berjalan.

Cara Main :
Gigit Sendol, trus taro kelereng diatas sendoknya. Nah ente jalan secepet-cepetnya deh ke garis finish. Tapi jangan sampe jatoh, kalo jatoh ente ngulang dari garis start lagi .

7. Tarik Tambang

Melombakan 2 kelompok yang terdiri dari beberapa orang, kedua kelompok itu saling tarik-menarik tali tambang sampai salah satu kelompok melewati batas/garis yang ada di tengah-tengah mereka. Kelompok yang melewati garis berarti kalah.

Cara Main : Tarik aja tambangnya susah amat

8. Hias Sepeda

Lomba ini umumnya diikuti oleh anak-anak. Mereka disuruh menghias sepeda sebagus dan semeriah mungkin untuk menarik perhatian juri. Biasanya yang dipilih juri jadi pemenang yang sepedanya meriah, mencolok, sama rada aneh.

Cara Main :
Hias sepeda sebagus-bagusnya untuk memenangkan lomba ini. biasanya setelah berkumpul peserta konvoi keliling komplek sambil dinilai oleh juri.
Share this article :

4 komentar:

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger