Home » » 3 Hukum Gerak Newton

3 Hukum Gerak Newton

Written By Arfan Asri on Rabu, 25 Juli 2012 | Rabu, Juli 25, 2012

Issac Newton penemu 3 rumus dasar mekanika ini dilahirkan di Woolsthrope , 4 Januari 1643 dan meninggal 31 maret 1727 ( Merujuk : http://id.wikipedia.org/wiki/Isaac_Newton)

Cukup Segitu aja tentang si Newton , kitakan mau bahas teorinya bukan orangnya

Baiklah kita mulai dari Teori Pertama
1. Teori 1 Newton
“Semua benda akan tetap diam atau bergerak secara konstant ketika gaya yang bekerja pada benda tersebut adalah NOL ( iya Nol yang ini-> 0 bukan huruf o
) “

Singkatnya kalo benda nggak diapa2in yang dia diem terus ato jalan molo....
tapi pertanyaan yang sering muncul gini : “ Kok setelah kita dorong kereta kita biarin kok dia berhenti sendiri “
Ngaco Mode : Ada Setannya gan ( becanda )
Jawabannya : Karena kereta tersebut akan mengalami gaya gesek , yaitu ada 2 :
* Antara Roda dengan lantai ( atau apapun yang jadi alasnya mau pasir ,batu , ato tsnya [Loh ?] )
* Dan Satu Lagi bodi kereta dengan gesekan udara
Jadi selama masih dibumi mungkin kita sulit mempraktekan bahwa benda yang bergerak akan terus bergerak selama nggak ada gaya yang bekerja

Udah kelar Teori 1 ? Belum ? Baca Lagi
Kalo Udah Yuk kita ke Teori No 2

2. Teori 2 Newton
“Jumlah gaya yang bekerja pada suatu benda adalah sebanding dengan Momentum dibagi Waktu “

Warning : TS tidak bertanggung jawab jika seandainya kepala pembaca menjadi sakit , mata sakit ato yang lain2 setelah liat rumus - rumus



Baiklah ini Penjelasan Rumus Diatas :
F = Gaya ( Satuannya Newton [ kg.m/s2 ] sama kayak penemunya )
P = Momentum ( Satuannya kg.m/s )
t = Waktu ( Satuannya second / detik )
v = kecepatan ( Satuannya m/s )
a = akselerasi / percepatan ( satuannya m/s2)

Catatan : Semua satuan dalam SI ( Satuan International )
Deskripsi : Sesuai bunyi hukum 2 newton Perubahan Momentum per waktu maka bisa disederhanakan menjadi rumus yang lebih kita kenal yaitu F = m.a ( darimana nya liat gambar baik2 )

Pada dasarnya hukum ke 2 ini bisa menghitung gaya total ataupun massa benda ataupun waktu yang diperlukan benda ataupun kecepatannya dalam kehidupan sehari2
Perlu dicatat :

Hukum Mekanika Newton Merupakan “Mekanika Klasik” sehingga hanya dapat mengukur jika benda berada dibawah kecepatan cahaya jika rumus mekanika newton ini digunakan pada benda2 lebih cepat daripada cahaya akan terjadi kesalahan ( atau lebih singkatnya Hukum Gerak Newton Gagal memprediksi gerak benda pada kecepatan mendekati cahaya )

So , apa solusi kalo ingin menyelesaikan soal yang berhubungan mendekati kecepatan cahaya ? kita perlu memakai Mekanika Modern / Relativitas Khusus atau Umum tergantung kondisi ( CMIIW )
Contoh Soal ( biar lebih paham )
Sebuah benda bermassa 10kg dengan kecepatan awal 0 m/s bergerak dalam waktu 3 detik dan menjadikan kecepatannya sekarang 12m/s. Berapa gaya yang bekerja pada benda tersebut jika gaya gesek diabaikan ?
Baiklah kita hanya perlu memasukkan hukum newton atau mencari satu2
( Ane pakai yg satu2 supaya agan / aganwati ngerti )

*kita cari dolo percepatannya dengan cara membagai Kecepatan Akhir - Kecepatan awal lalu hasilnya bagi waktu
a = dV :dt
a = [ 12 -0 ] : 3
a = 12 : 3
a = 4 m/s2

*Setelah itu masukkan hukum newtonnya
F = m.a
F = 10 . 4
F = 40 Newton

Jadi, gaya yang bekerja pada benda tersebut adalah 40 newton

Ini akhir dari babak 2 lanjut ? kalo masih belum ngerti baca lagi atau tanya ( insha Allah ane jawab kalo boleh ngaskus )

Teori 3 Newton

Akhernya setelah mati2an belajar 2 hukum sebelumnya tibalah saatnya untuk mempelajari yang terakhir....
Jujur saja ini mudah dimengerti....
“ Gaya Aksi dan reaksi dari sebuah benda akan sama besar dan segaris “

Nggak perlu susah2 mikirin contohnya coba pikiran balon yang terlepas waktu dihirup....
Kan dia terbang....
Udara didalam balon mendorong balon menuju keatas sedangkan udara itu sendiri sebagai gaya menuju kebawah

Atau roket sama tuh prinsipnya … api nya kebawah roketnya keatas ( kan bolem pernah liat roket terbang kebawah kan ? )

Rumusnya sederhana aja

F aksi = - F reaksi

Deskripsi : F reaksi bernilai negatif karena menunjukkan arah yang berlawanan dengan arah gaya aksi

Selesai Sudah.... Hore !!!
Kalo masih belum mengerti silahkan bertanya

Oh ya Hukum Gerak Newton ini dimuat dalam PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica
atau dirujuk sebagai Principia


Analisis:
Berbagai penerapan luar biasa dari hukum - hukum gerak Newton ini , pantas untuk dijadikan bahan pembelajaran dasar dari segala prinsip dasar dan kerangka Mekanika Klasik
Jadi sebelum mempelajari mekanika lain agan / aganwati sebaiknya dan saya anjurkan untuk mempelajari hukum - hukum mekanika newton ini


Kesimpulan ( Buat yang males baca aja ):
1. Hukum 1 newton atau Hukum Inersia Hanya berlaku pada benda yang tidak dipengaruhi gaya
2. Hukm 2 newton bisa digunakan untuk menghitung besar gaya selama masih dalam ruang lingkupnya
3. Hukum 3 newton menjelaskan berbagai peristiwa seputar Gaya aksi - reaksi
4. Tanpa penemuan sederhana tetapi jenius ini mungkin kehidupan kita akan semakin sulit , bahkan kita tak akan pernah bisa membuat mobil tanpa kerangka dasar mekanika newtonian
5. Hukum Pergerakan Planet Kepler dijelaskan berdasarkan gabungan teori 3 hukum dasar mekanika newton dan hukum gravitasi umum so , tanpa hukum newton ini maka tidak ada hukum pergerakan planet kepler


Tambahan Tentang Si Issac:
Karena jasa - jasa Newton bukan hanya 3 hukum gerak newton saja akan tetapi seluruh penemuannya dia di anugrahi sebagai “ Orang Yang Paline Berpengaruh Di Dunia Sepanjang Sejarah No. 2 Setelah Nabi Muhammad SAW Karya Michael H. Hart”
Share this article :

2 komentar:

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger