Home » » Jalan yang Tercatat sebagai Rekor Dunia

Jalan yang Tercatat sebagai Rekor Dunia

Written By Arfan Asri on Jumat, 25 Oktober 2013 | Jumat, Oktober 25, 2013

Planet kecil kita saling silang dengan jutaan kilometer jalan yang membentang. Mulai dari jalanan bebas hambatan multi-jalur hingga jalur tanah yang kotor, jalan merupakan sarana utama di mana sebagian besar dari kita berpergian dari titik A ke B, namun kita jarang menaruh perhatian.

Jalanan di dunia sangatlah luar biasa, terutama jalan yang melintasi wilayah-wilayah alam ekstrem. Jalanan yang memecahkan rekor dunia merupakan pencapaian yang luar biasa dalam bidang teknik, dan bukti abadi atas keinginan manusia untuk mengemudi yang tak terpadamkan.

Lanjut bacanya gan untuk melihat jalanan mana saja yang memecahkan rekor Dunia yang telah dikutip dari Guinness World Records.

Jalanan terdingin di dunia - Kolyma Highway (M56), Rusia


Sebaiknya menyediakan perlengkapan antibeku sebelum melakukan perjalanan melewati Kolyma Highway di Rusia. Jalan ini juga dikenal sebagai M56, yang melewati beberapa tempat paling dingin di Bumi.

Jalan ini memiliki panjang 2.031km dan terbentang dari Nizhny Bestyakh di barat hingga Magadan di timur. Pada bagian jalan antara Khandyga dan Magadan seringkali disebut “Road of Bones” (jalan tulang belulang), yang merujuk pada tulang belulang dari para tahanan Kamp Sewostlag Labour yang meninggal saat mebangun jalan ini dan jasad mereka dikubur di bawahnya. Jalan tersebut juga dianggap sebagai memorial dari arwah para pekerja tersebut.

Kota Oymyakon yang dilintasi jalan tersebut memiliki temperatur rata-rata -46 derajat celcius dan titik terendahnya pernah mencapai -67,7 derajat celcius. Itulah yang membuat jalan ini sebagai jalan paling dingin di Bumi.

Jalan yang memiliki tenaga matahari pertama di dunia, A18 Catania – Syracuse


Kita mungkin tidak berpikir bahwa jalan membutuhkan banyak listrik untuk mengfungsikannya, tetapi memang demikian adanya, terutama jika jalan tersebut melintasi terowongan. Penerangan, kipas terowongan, telepon darurat dan penunjuk arah semuanya menggunakan listrik yang besar, kecuali jika Anda mengemudi di sepanjang jalan tol A18 Catania Syracuse di Sisilia.

Jalan tertinggi di dunia - puncak Khardungla


Jalan tertinggi di dunia adalah jalan Khardungla di Kashmir yang berada pada ketinggian di mana oksigen sangat sedikit, yakni 5.602m. Ini adalah salah satu dari tiga lintasan jalan Leh-Manali yang diselesaikan pada 1976 oleh Border Roads Organisation, New Delhi, India. Kendaraan bermotor sudah bisa melintasi jalan ini sejak 1988.

Bundaran terbesar di dunia - Persiaran Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah


Dengan ukuran lingkar 3,4km, Anda pasti akan merasa pusing di bundaran terbesar di dunia ini. Putaran yang mengesankan ini dapat ditemukan di Putrajaya, Malaysia, dan jalan tersebut diberi nama Persiaran Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, nama yang hampir sama panjangnya dengan bundaran itu sendiri.

Bundaran ini memiliki 15 pintu masuk dan keluar, tiga di antaranya berada di dalam jalan, yang pastinya membuat navigasi sangat menarik.

Jalan yang bersambung terpanjang di dunia - Highway One, Australia


Highway One di Australia mendapat julukan sebagai jalan terpanjang di dunia. Jalan ini sebenarnya merupakan jalan yang mengelilingi seluruh negara bagian yang luas itu dengan jaringan jalan yang sepenuhnya saling berhubungan. Panjang totalnya mencapai 14.523km, yang membuatnya lebih panjang 3.540km dari saingan terdekatnya, Trans-Siberian Highway.

Jalan es terpanjang di dunia - Tibbitt to Contwoyto Winter Road, Kanada


Tibbitt to Contwoyto Winter Road di Kanada merupakan jalan es terpanjang di dunia. Ya benar, sebuah jalan yang seluruhnya terbuat dari es. Jalan itu pertama kali digunakan pada 1982 sebagai rute suplai ke tambang-tambang di Northwest Territories dan Nunavut. Dibuka dari Januari hingga akhir Maret setiap tahun, jalan es ini dibangun setiap tahunnya, dan membentang sepanjang 568km, 489km-nya melintasi danau beku. Kendaraan pertama yang melintasi jalan itu setiap musimnya akan mengukur ketebalan es dengan sonar untuk keamanan.

Jalan satu arah terpanjang di dunia - M2 Southern Expressway, Adelaide, Australia Selatan


M2 Southern Expressway di Adelaide, Australia Selatan, memungkinkan hanya arus lalu lintas satu arah pada satu waktu. Jalan ini membentang menuju kota Adelaide di pagi hari, namun arahnya diubah ke selatan pada sore hari. Jalan ini memiliki total panjang kilometer. Dua jalur yang ada di jalan ini mampu mengurai kemacetan di Main South Road di Australia Selatan, dan telah terbukti sangat berhasil.

Terowongan jalan terpanjang di dunia, Aurland to Lærdal, Norwegia


Terowongan antara Aurland dan Lærdal di jalan utama antara Bergen dan Oslo, Norwegia ini memiliki panjang hingga 24km. Lærdal Tunnel yang berlajur dua ini dibuka oleh Raja Harald dari Norwegia pada 27 November 2000. Biaya pembangunannya dilaporkan mencapai 113,1 juta dolar Amerika (sekitar Rp1,15 triliun) dan secara resmi menjadi terowongan jalan terpanjang di dunia.

Jalan paling rendah di dunia - Laut Mati, Israel


Jalan paling rendah di dunia berada di pinggir Laut Mati yang berada 393m di bawah permukaan laut.
North Yungas Road membentang 69 km dari La Paz ke Coroico dan terdapat 300 kematian akibat kecelakaan yang terjadi setiap tahun di sepanjang jalannya, itu berarti ada 6,9 kematian per mil! Sebagian besar jalur North Yungas merupakan jalan satu jalur yang berlumpur, namun digunakan untuk dua arah kendaraan dan terdapat jurang vertikal yang dalam di satu sisinya. Pada titik tertinggi, jurangnya bisa mencapai kedalaman 4.700m dan jalan ini menjadi lebih mematikan selama musim hujan.

Jalan paling ujung selatan Bumi - McMurdo - South Pole Highway


McMurdo - South Pole Highway merupakan jalan sepanjang 1.448km yang dibangun di Antartika dari Stasiun McMurdo ke basis Amundsen-Scott di Kutub Selatan, dan itu adalah jalan paling selatan di dunia.

Diperlukan kendaraan beroda gerigi sekitar 40 hari untuk menarik tangki bermuatan bahan bakar dan persediaan di sepanjang rutenya. Kendaraan yang lebih kecil dapat melintasi jalan ini lebih cepat. Jalan ini tidak beraspal, namun terbuat dari es dan salju yang diratakan. Rute ini menghubungkan staf di stasiun Amundsen-Scott dengan dunia luar, saat perjalanan dengan pesawat tidak mungkin dilakukan di musim panas yang keras di Antartika.

Bundaran paling rumit di dunia - ‘Magic Roundabout’, Swindon


Sepertinya agak sulit untuk mengukur bundaran paling rumit di dunia, namun mengingat tata letak unik 'Magic Roundabout' di Swindon yang rumit, maka bundaran ini mungkin layak menjadi bundaran terumit di dunia. Para pengendara setempat tampaknya memahami jalan ini, namun bagi para pengendara luar kota itu, sistem lima bundaran mini yang diposisikan di sekitar bundaran pusat terlihat benar-benar membingungkan. Terus berlatih akan membuat semuanya sempurna, mereka mengatakan demikian karena memang itulah satu-satunya pilihan untuk berkendara di bundaran itu.

Jalan terpendek di dunia – Ebenezer Place, Wick


Jalan terpendek di dunia adalah Ebenezer Place in Wick, Skotlandia. Hanya sepanjang 2,06 meter dan pada dasarnya terdiri dari pintu depan Mackays Hotel. Jalan kecilitu pada awalnya dibangun pada 1883 ketika pemilik hotel memerintahkan untuk mengecat sebuah nama jalan di di sisi terpendeknya, dan diresmikan sebagai sebuah jalan pada 1887.

Ebenezer Palce dikenal dunia sebagai jalan terpendek di dunia pada 2006 ketika Guinness Book of Records secara resmi menempatkannya di atas Elgin Street sepanjang 5,2 m di Bacup, Lancashire.

Jalan terlurus di dunia – Eyre Highway, Australia


Jalan terlurus di dunia ini pasti menjadi kandidat jalan paling membosankan. Eyre Highway sepanjang 1.056 mil (sekitar 1.699 km) yang melintasi dataran Outback Australia yang terutama dirancang untuk penggunaan jalur kereta raksasa. Salah satunya membentang sepanjang 90 mil (sekitar 144 km) di Nullarbor Plain di Kalgoorlie. bensin.

Jalan paling berkelok di dunia – Lombard Street, San Francisco, California


Kita mungkin berpikir bahwa jalan paling berkelok di dunia akan mendorong para pengemudi menguji kecepatan mobil sport mereka namun di Lombard Street, San Francisco hal itu terlalu sulit untuk dilakukan. Bayangkan miniatur jalur alpine dengan sejumlahdelapan tikungan tajam berjarak hanya 400 m dengan kemiringan 27 derajat. Kecepatan yang dibatasi pun hanya 5 mil/jam (sekitar 8 km/jam) dan perlu berhati-hati saat melintasi jalan ini.

Jalan tertua di dunia – Via Appia


Jalan tertua di dunia dibangun di Mesir sekitar 2.700 SM namun jalan tertua masih digunakan sat ini yaitu Via Appia yang membentang antara Roma dan Brindisi di Italia. alan 312 SM.

Terdapat bagian-bagian di Via Appia tempat Anda masih bisa melintas dan menyaksikan jalan buatan Romawi kuno yang tidak terdapat lubang atau mengalami kerusakan. Pejabat di Indonesia seharusnya belajar dari Roma dalam hal ini.

Jalan paling terjal di dunia – Baldwin Street di Dunedin, Selandia Baru

Jalan paling miring di dunia yang dibuat dan secara teoritis bisa dilalui yaitu Baldwin Street di Dunedin, Selandia Baru. Ketinggian jalan itu bertambah satu meter untuk setiap 2,86 meter saat berjalan secara horizontal. alan inifondasi beton. jalan dibuat untuk membantu mobil-mobil yang melintasinya namun Anda berpikir matang-matang apakah mesin mobil Anda kuat menanjak di jalan ini.

Jalan tersempit di dunia - Spreuerhofstraße di Reutlingen, Jerman


Bagaimanapun lebih banyak gang ketimbang jalan dan tentunya sangat sulit untuk dilintasi kendaraan apa pun yaitu Spreuerhofstraße di Reutlingen, Jerman. Jalan ini dianggap yang tersempit di dunia dan dibangun pada 1727 dengan lebar antara 31 dan 50 cm.

Jalan terlebar di dunia – Avenue 9 de Julio, Buenos Aires, Argentina


Di setiap ibu kota negara-negara dunia biasanya terdapat jalan-jalan besar namun tidak ada yang bisa menandingi Avenue 9 de Julio, Buenos Aires, Argentina. Jalan ini merupakan jalan terlebar di dunia dengan lebar 100 meter dan cukup untuk sembilan lajur lalu lintas di setiap arahnya. Dipastikan pejalan kaki pasti kehabisan napas saat mencoba untuk menyeberangi jalan ini.

Jembatan terpanjang di dunia – Burapha Withi Expressway, Bangkok, Thailand


Jika nda nmenyukai jembatan-jembatanyang sangat menginspirasi dengan menampilkan keahlian rekayasa saat menaklukan rintangan alam yang luar biasa, maka jembatan terpanjang di dunia mungkin sedikit mengecewakan karena tidak terbentang di lembah yang besar atau perairan yang luas, karena jembatan itu hanyalah jalan tol yang ditinggikan untuk menuju Bangkok, Thailand.

Burapha Withi Expressway (yang juga dikenal sebagai Bang Na Expressway) memiliki panjang 33,6 mil (sekitar 54 km) namun hanya melintasi sungai Bang Pakongh untuk melintasi sungai Bang Pakong yang menjadi bagian kecil dari panjang jalan itu. Jalan itu sebagian besar memiliki enam lajur yang berada di wilayah urban Bangkok. iga kereta api di China mampu merebut gelar dari Burapha Withi Expressway.

Jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut - Jiaozhou Bay Bridge, Provinsi Shandong, China

Bersiaplah untuk terpesona, Jiaozhou Bay Bridge yang berada di China merupakan jembatan terpanjang dunia yang melintasi laut dengan panjang 25,8 mil (sekitar 41,5 km) dan menghubungkan Qingdao dan Huangdao dengan membuat jalan yang melintasi Jiaozhou Bay. Kendati hanya 1,6 mil (sekitar 2,5 km) di atas permukaan laut, jembatan ini bukan merupakan jembatan paralel terpanjang dunia di atas air.

Jembatan paralel terpanjang dunia di atas air - Lake Pontchartrain Causeway, Louisiana, Amerika Serikat


Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana merupakan jembatan paralel terpanjang dunia di atas air yang terdiri dari dua jembatan paralel yang melintasi Danau Pontchartrain, dengan panjang 38,41 km.

Jembatan gantung terpanjang di dunia - Akashi Kaikyō Bridge, Jepang


Akashi Kaikyō Bridge menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu dengan Iwaya di Pulau Awaji, Jepang. Jembatan gantung terpanjang di dunia ini memiliki panjang 1.991 meter dan masih mempertahankan rekornya sejak selesai dibangun pada 1998.

Jembatan terowongan gantung terpanjang di dunia - Aizhai bridge, Jishou, Hunan, China


Tidak bisa dibantah lagi bahwa jembata Aizhai di Jishou, China merupakan jembatan terowongan terpanjang di dunia dengan panjang 1.146 meter dan ketinggian 350 meter di atas lembah.

Jalan tol termahal di dunia - Nürburgring Nordschleife

Secara teknis jalan tol Nürburgring Nordschleife yang berada di wilayah pegunungan Eifel, Jerman merupakan jalan tol umum. Namun jalan ini bisa dilintasi publi k ketika produsen otomotif dunia tidak sedang menguji prototype rahasianya dan tidak ada ajang balapan internasional, namun terkadang juga publi k bisa melintasinya walau ada acara di jalan itu. Jalan dengan lintasa n sepanjang 12,8 mil (sekitar 20,6 km) ini merupakan jalan tol termahal di dunia dengan nilai sekitar 33 dolar Amerika (sekitar Rp339.621) per putaran.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger