Home » » 9 Tangga Terunik Di Dunia

9 Tangga Terunik Di Dunia

Written By Arfan Asri on Selasa, 06 Agustus 2013 | Selasa, Agustus 06, 2013

Tangga merupakan ‘jembatan,’ jalan penghubung antara ruang atau tempat yang lebih rendah menuju tinggi atau sebaliknya. Tangga merupakan sebuah titian yang mempermudah langkah manusia untuk melakukan perjalanan. Tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungkan dua tingkat vertikal yang memiliki jarak satu sama lain (wikipedia). Dan manusia dengan kreatifitas, menjadikan tangga dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. berikut adalah contohnya:
Canyon Steps, Ekuador

Landmark unik yang satu ini terletak jauh di terjalnya sebuah tebing di hutan raya Ekuador. Tangga tebing ini akan menuntun para pengunjung menuju sebuah kawasan wisata air terjun bernama ‘Pailon del Diablo,’ yang berada di pinggir Sungai Pastaza, 30 menit dari Kota Banos. Tak heran jika pemerintah setempat menganggap tangga tebing ini sebagai salah satu atraksi terbaik di Ekuador.

Chand Baori, India


Di kawasan Asia Selatan daya tarik landmark berupa tangga diwakili oleh Chand Baori di Desa Abhaneri, yang tidak jauh dari Kota Jaipur, Rajasthan.Tangga di Chand Boari dibangun pada tahun 800 Masehi, dengan 3.500 anak tangga di setiap tingkatan. Dengan kedalaman 30 meter, menjadikan Chand Baori sebagai tangga sumur terdalam dan terbesar di India.
Rajasthan merupakan kawasan di India yang memiliki iklim kering dan panas, sehingga tidak memiliki banyak sumber air. Untuk itulah Chand Baori dibangun, yakni untuk menyediakan air sebanyak mungkin bagi masyarakatnya. Uniknya lagi kawasan sumur Chand Baori ini sering digunakan masyarakat Abhaneri sebagai tempat berkumpul di musim panas. Hal tersebut dikarenakan suhu di dalam sumur jauh lebih sejuk 5-6 derajat dari pada di atas permukaan tanah.
Tangga di Santorini, Yunani
Quote:Pada tahun 1715 dibangun sebuah tangga untuk memudahkan perjalanan menuju puncak Gunung Santorini. Masyarakat Santorini menggunakan tangga tersebut untuk memudahkan mobilitas mereka menuju pelabuhan yang ada di bawahnya. Pada tahun 1930 pemerintah setempat memperbaiki tangga di Santorini, sehingga mampu menampung jumlah pengguna jalan terutama menggunakan keledai lebih banyak.
Santorini merupakan sebuah pulau pegunungan yang indah, maka tidak heran para turis berdatangan ke Yunani untuk mengunjungi menikmati keindahan pemandangan di atas Santorini. Maka paa 1979 pemerintah Yunani membuatkan kereta gantung sebagai sarana transportasi di Santorini.
Tangga Schlossberg, Austria


Di kawasan Kota Graz, Austria, terdapat sebuah daya tarik landmark berupa Schlossberg (menara jam). Tangga ini tersusun dengan kokoh dan dapat terlihat dari semua sudut kota terbesar kedua di Austria. Banyak turis dan warga kota yang rela berjalan meniti 260 anak tangga hanya untuk menikmati pemandangan yang indah di atas Bukit Schlossberg, Kota Graz.
Tangga Potemkin, Ukraina


Di kawasan Eropa bagian timur, terdapat Kota Odessa, Ukraina dengan landmark tangganya yang besar. Tangga Potemkin demikian rakyat Ukraina mengenalnya, titian anak tangga yang dimiliknya menghubungkan pelabuhan dengan kota yang ada di bukit Odessa. Titian anak tangga yang ada di puncak memiliki lebar 12,5 meter, sementara anak tangga yang berada di bawahnya seluas 21,7 meter. Sementara tangga tersebut terbentang di ketinggian 27 meter, dengan ekstensi luas 142 meter, bahkan bisa lebih luas lagi jika Anda terkena tipuan mata (perspektif).
Escadaria Selaron, Brazil


Brazil terkenal dengan warna-warna yang berani dan meriah. Salah satu karya kaya warna di Brazil adalah Escadaria Selaron di Rua Joaquim Silva hingga Rua Pinto Martins, Kota Rio de Janeiro. Di sana terdapat tangga dengan warna paling meriah.
Escadaria Selaron merupakan tangga sepanjang 125 meter dengan 250 anak tangga. Di setiap anak tangga ada ubin keramik dengan warna yang berbeda-beda. Tidak sembarangan, ubin-ubin keramik tersebut dikumpulkan dari seluruh penjuru dunia. Sang seniman pembuat yang bernama Jorge Selaron mempersembahkan karya seninya untuk rakyat Brazil.
Double Spiral Staircase, Austria


Tangga melingkar mungkin sudah biasa, tapi akan jadi tidak biasa saat tangga melingkar ini ada dua. Selain ada dua, tangga yang bernama Stairs of Reconciliation ini pun menyatu sehingga terbentuklah tangga unik yang membuat banyak turis penasaran.
Tangga ini terletak di dalam Kastil The Burg di Graz, Austria. Tangga ini berada di dalam kastil kerajaan yang dibangun pada tahun 1438 hingga 1453. Tangga ini akan membuat orang kembali naik ke atas saat ingin turun ke bawah.
Tiger & Turtle, Magic Mountain, Jerman

Saat liburan ke Jerman, sempatkan untuk melancong ke Duisburg dan naik ke tangga paling unik di sana. Ada tangga yang bentuknya meliuk-liuk, persis seperti jalur roller coaster. Tangga yang dibuat oleh Heike Mutter dan Ulrich Genth ini baru saja dibuka pada tahun 2011 lalu.
Wayna Picchu, Peru


Salah satu situs suku Inca yang terkenal adalah Macchu Picchu dan untuk melihat situs tersebut dengan jelas, traveler harus menaiki gunung di seberangnya. Nah, nama gunung ini adalah Wayna Picchu. Terletak tak jauh dari situs Macchu Picchu di Aguas Calientes di Peru, Wayna Picchu menjadi tempat yang tepat menikmati dan mengambil foto situs Macchu Picchu dengan sempurna.
Cara naik ke gunung ini tidak mendaki seperti naik gunung kebanyakan. Wisatawan yang ingin naik ke puncaknya bisa menapaki tangga yang membentang dari bawah hingga puncaknya. Tak lurus, tangga ini terlihat berantakan dan sangat curam. Meski begitu, perjalanan menuju puncaknya memberi pemandangan yang tiada dua.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger