Home » » Serba-Serbi Angka Nol (0)

Serba-Serbi Angka Nol (0)

Written By Arfan Asri on Senin, 08 Oktober 2012 | Senin, Oktober 08, 2012


Seberapa penting sih,bilangan yang satu ini bagi agan-aganwati sekalian? :



Mungkin buat kita,angka nol itu merupakan angka dengan kesan sebagai awal dari segalanya

Tetapi faktanya,dari sepuluh angka yang kita kenal didunia ini,angka nol diperkirakan sebagai angka yang terakhir kali ditemukan


Tetapi,sayang sekali belum dapat dipastikan secara jelas siapa orang pertama yang memperkenalkan angka nol kepada dunia

Ada yang berpendapat,angka ini diperkenalkan oleh bapak aljabar dunia,yakni Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi


Pada awalnya,angka nol tidak digunakan dalam operasi matematika,angka nol hanya dijadikan lambang dari kehampaan dan ketiadaan
Apa angka nol selalu berarti kehampaan dan ketiadaan? Tentu tidak : sebagai contoh:

Suhu freezer saya set nol derajat celsius,apa berarti didalam freezer saya tidak ada suhu?

Lalu,siapa yang berani memasukan angka nol ini kedalam sebuah himpunan rumit dan kompleks bernama "matematika"? (dan membuatnya semakin rumit )

Dia adalah seorang ahli matematika dari daratan India yang bernama Brahmagupta


Dia mulai memperkenalkan sifat-sifat angka nol (lambang nol,pada masa itu) seperti berikut:

Suatu bilangan ditambahkan dengan nol,hasilnya selalu tetap (bilangan itu sendiri),begitupun sebaliknya

Suatu bilangan dikalikan dengan nol,hasilnya selalu nol,begitupun sebaliknya
Terdengar biasa? Memang,tapi pada masa itu,penemuan seperti itu dianggap sangat memajukan langkah matematika

Tetapi,ada satu hal yang membuatnya bingung

Ada yang bisa menebak apa yang membuatnya bingung? hal itu adalah hubungan angka nol dengan operasi pembagian :

Menurutnya,nol dibagi suatu bilangan,hasilnya selalu nol,tetapi tidak demikian sebaliknya
Emang apa salahnya gan kalo suatu bilangan dibagi nol sama dengan nol juga? : penjelasannya sebagai berikut:

Sifat perkalian:
A X B = C,maka
1. C / B = A
2. C / A = B

jika kita terapkan pada teori yang tadi,maka akan terjadi ke-abnormalan sebagai berikut.
0 X 1 = 0,maka
1. 1 / 0 = 0
2. 0 / 0 = 1

0 X 2 = 0,maka
1. 2 / 0 = 0
2. 0 / 0 = 2

0 X 3 = 0,maka
1. 3 / 0 = 0
2. 0 / 0 = 3

Lihat keanehannya? Yap,hasil nol dibagi nol akan berubah tergantung dari bilangan apa yang dibaginya
Lalu solusinya bagaimana? para ahli sepakat bahwa pembagian dengan nol,hasilnya TIDAK DIDEFINISIKAN:

*buat yang gak percaya,silahkan coba dengan kalkulator masing-masing

Sekarang,mari kita berandai-andai,bagaimana seandainya angka nol tidak pernah ada,apa yang akan terjadi? :

Ternyata,ada suatu sistem bilangan yang tidak menggunakan angka nol sama sekali,sistem itu dikenal dengan bilangan romawi

sebelumnya,buat yang gak tau angka romawi,udah Bang Bro sediain nih


coba agan kerjakan soal berikut dengan cepat,dan isi dengan bilangan romawi lagi!

1. L - XLIX = ...
2. DCC + XVI = ...
3. MM - D = ...

Woi susah banget nih gan :
Emang gan
kalo gitu,coba kerjain soal dibawah ini!

1. 50 - 49 = ...
2. 700 + 16 = ...
3. 2000 - 500 = ...

Woi yang ini kegampangan,lo ngeledek gue?! :
Dikasih susah marah dikasih gampang marah
tapi agan tau gak,bahwa kedua kumpulan soal diatas menggunakan angka yang sama! Sudah bisa menghargai angka nol sekarang?

HARGAI POSISI NOL,KARENA ITULAH AWAL DARI SEGALANYA

ini ada satu teka teki yang menunjukan peranan angka nol,entah disini angka nol membingungkan atau meluruskan ini teka teki sebenernya udah lumayan basi,tapi boleh lah dimasukin buat yang belom tau
begini teka tekinya:

a = b
[KALIKAN KEDUA RUAS DENGAN B]

ab = b^2
[KURANGI KEDUA RUAS DENGAN A^2]

ab - a^2 = b^2 - a^2
[FAKTORISASIKAN]

a (b - a) = (b - a) (b + a)
[BAGI KEDUA RUAS DENGAN (B - A)]

a = b + a
[SUBTITUSIKAN B DENGAN A]

a = 2a
1 = 2
cari dimana kesalahannya
clue: divide by zero = undefinied
Share this article :

3 komentar:

  1. Kerennnd euyyy.... :D
    Mhon bimbingannya yah'...
    ad tugaz dri guru nich'....
    Lanjutan angka nol (0)
    a^0 = 1
    0^a = 0
    0^0 = ~
    0/0 =~
    mkzud zoal ituw apaand yah'....
    akuw bingung nich' nge'jawabnya...

    BalasHapus
  2. Perhatikab pola dibawah ini
    Misalnya;

    2 ^ 3 = 8
    2 ^ 2 = 4
    2 ^ 1 = 2
    2 ^ 0 =?

    Kalo kita liat dri pola otomatis jawabanya adalah 1... itu untuk a^1=1

    untuk 0^a = 0 itu kartena 0 dikali berapapun hasilnya tetap 0...

    kemudian untuk 0^0 = ~ saya tak tahu soal ini

    dan untuk 0/0 = ~ itu karena tak ada yang bisa dibagi dengan 0

    BalasHapus
  3. mohon pencerahannya ya,
    andai saja ada seorang siswa yang menanyakan "mengapa angka nol itu berada di antara 1 dan -1?
    Ttg bil. Bulat

    BalasHapus

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger