Home » » 15/10/2012 - Hari Ini, Jakarta Punya Gubernur Baru

15/10/2012 - Hari Ini, Jakarta Punya Gubernur Baru

Written By Arfan Asri on Senin, 15 Oktober 2012 | Senin, Oktober 15, 2012


JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Senin, (15/10/2012), Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Periode 2012-2017, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama akan resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2017.

Prosesi pelantikan akan dilaksanakan di Ruang Paripurna, Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Eko Hariadi membenarkan perihal pelantikan tersebut.

"Iya benar, besok (hari ini, red) pelantikan Pak Jokowi dan Pak Basuki sebagai Gubernur Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru," kata Eko, saat dihubungi Kompas.com, Minggu, (14/10/2012) malam.

Dikatakan olehnya, rangkaian acara pelantikan Jokowi-Basuki akan dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.55 WIB. Jokowi dan Basuki akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Seperti yang diketahui, Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta telah memutuskan pelantikan Jokowi-Basuki pada Senin, (15/10/2012).

Setelah pelantikan, menurut Eko, Jokowi dan Basuki akan menuju Panggung Rakyat di halaman depan DPRD DKI yang diperkirakan akan dipadati oleh ribuan pendukungnya.

Untuk pelantikan ini, sudah sebanyak dua ribu undangan juga telah disebarkan pada tamu undangan, di antaranya mantan Gubernur Fauzi Bowo, dan pengurus partai di tingkat provinsi.

Namun, hanya sekitar 827 undangan yang dapat masuk kedalam ruang sidang Paripurna dimana tempat pelantika berlangsung.

Maka dari itu, untuk mengakomodir para undangan yang berada di luar ruang paripurna, DPRD menyediakan tiga unit plasma televisi yang diletakan di lobi dan lantai 3 gedung DPRD DKI Jakarta.

Sementara itu, untuk keamanan pelantikan Jokowi-Basuki, telah dipersiapkan sebanyak 2004 personil. Petugas yang dikerahkan yakni 1.134 personil dari Polda Metro Jaya, 300 personil dari Polres Jakarta Pusat dan 570 personil dari Satpol PP DKI.

Selain itu, anggaran yang digelontorkan untuk Pelantikan Jokowi-Basuki ini sekitar Rp 499.407.000. Alokasi dana pelantikan Gubernur DKI terpilih awalnya dianggarkan Rp 822 juta dalam APBD 2012. Kemudian meningkat menjadi Rp 1,05 miliar dalam APBD Perubahan 2012.

Selanjutnya, anggaran tersebut dikurangi menjadi Rp 622.000.000 dan kembali dipangkas menjadi Rp 499.407.000 setelah melalui berbagai pembahasan dengan berbagai pihak.

Adapun biaya untuk menampilkan beberapa pentas seni khas busaya Betawi yang semula akan dipangkas akan tetap ditampilkan. Salah satunya adalah Keroncong Tugu yang ditaksir memerlukan biaya sebesar RP 20 juta.

Seperti yang diketahui, Jokowi-Basuki yang merupakan besutan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua dan mengungguli pesaingnya, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Jokowi-Basuki akan menggantikan posisi jabatan yang sebelumnya diduduki oleh Fauzi Bowo bersama Prijanto.



JAKARTA, KOMPAS.com - Seusai dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017, Joko Widodo juga akan diterima di Balaikota DKI. Balaikota DKI adalah kantor tempat bekerja Gubernur DKI.

Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Eko Hariadi, mengatakan, seusai Jokowi sah menjadi Gubernur DKI, ia akan diterima di Balaikota DKI dengan tradisi khas Betawi, yaitu pendekar palang pintu.

"Nanti Bapak akan melakukan proses "palang pintu", tarian palang pintu dengan tradisi Betawi, sebagai tanda telah diterima di Balaikota DKI," kata Eko, kepada Kompas.com, Minggu, (14/10/2012) malam.

Menurut rencana, tradisi palang pintu itu akan dilaksanakan oleh Jokowi, seusai ia dilantik menjadi Gubernur DKI dan seusai Jokowi memberikan salam kepada para pendukungnya di Panggung Rakyat yang berada di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI. "Sekitar pukul 13.00 WIB siang," kata Eko.

Tradisi tarian palang pintu ini merupakan kebudayaan khas Betawi. Biasanya, tradisi tarian oleh pendekar-pendekar Betawi ini digelar sebelum acara pernikahan.

Tradisi ini telah menjadi ritual wajib bagi masyarakat Betawi dan berisi adu silat antara jagoan kedua mempelai. Kedua pendekar mengeluarkan jurusnya masing-masing. Dalam tradisi ini, pendekar dari mempelai pria harus memenangkan 'duel' tersebut.

"Rencananya dilaksanakan di halaman Balaikota ya, nanti ceritanya pendekar dari Pak Jokowi yang menang, sehingga bisa masuk ke Balaikota, kurang lebih seperti itu. Saya juga kurang tahu detailnya," ujar Eko.

Seperti diberitakan, Jokowi bersama pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 pada Senin (15/10/2012).

Acara pelantikan direncanakan mulai pukul 10.00 WIB sampai 12.55 WIB. Jokowi-Basuki akan langsung dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger