Home » » Cara Membuat Restore Point Pada Windows XP

Cara Membuat Restore Point Pada Windows XP

Written By Arfan Asri on Kamis, 27 September 2012 | Kamis, September 27, 2012

System Restore adalah fasilitas untuk membuat sebuah poin restorasi dimana jika dibuat perubahan pada Windows sekecil apapun akan dicatat oleh sistem. Kemudian jika ada kesalahan dalam perubahan tersebut, kita bisa mengembalikan keadaan seperti semula dengan memanggil poin restorasi yang telah dibuat tadi. Sebagai contoh, jika anda hari ini membuat sebuah poin restorasi, dan seminggu kemudian PC anda terserang virus, maka anda bisa mengembalikan keadaan PC seperti hari ini dengan poin restorasi yang telah anda buat hari ini. Fitur ini terdapat pada semua versi windows XP dan Vista, namun pada kenyataannya masih ada saja kawan kita yang belum pernah memakainya.

Mari kita coba membuat Restore Point sekarang:
1.Masuklah ke System Restore dari menu

Code:Start > All Programs >Accessories > System Tools > System Restore.

2.Kemudian pilihlah 'Create A Restore Point' dan klik next


3.Beri nama pada kotak restore point description. Misalnya “Komputer Normal” lalu klik create


4.Close dan Selesai. Restore point sudah jadi dan siap dipakai suatu saat nanti



Setelah Restore Point dibuat, jika ada kerusakan kita bisa mengembalikannya. Nah, kini bagaimanakah mengembalikan PC seperti saat membuat Restore Point? Begini caranya:
1.Masuk lagi ke System Restore
2.Kali ini pilihlah “Restore my PC to an earlier time”



3.Pada kalendernya, pilihlah tanggal yang berwarna biru tebal sehingga PC anda dikembalikan (direstore) ke tanggal tersebut. Itulah Restore Point anda. Pilih pada nama restore point yang diinginkan dan lanjutkan dengan next



4.Klik next sekali lagi dan proses akan berjalan. PC anda akan restart, kemudian dikembalikan seperti pada saat anda membuat restore point tersebut.




Berhati-hatilah dalam membuat Restore Point. Usahakan pada saat membuat PC anda benar-benar bebas dari virus dan kawan-kawan. Sangat bagus jika anda membuatnya ketika Windows baru diinstall. Tentunya dengan konfigurasi driver serta hardware pendukungnya dahulu. Jika PC anda bervirus ketika Restore Point dibuat, bisa dipastikan ketika anda kembalikan virusnya akan bercokol lagi. Maka dari itu selalu lakukan backup teratur dan update antivirus anda.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger