Home » , » Alasan anak membutuhkan permainan tradisional dan mamfaatnya

Alasan anak membutuhkan permainan tradisional dan mamfaatnya

Written By Arfan Asri on Senin, 06 Agustus 2012 | Senin, Agustus 06, 2012

 Mamfaat Dan Alasan Kenapa Anak Membutuhkan Permainan Tradisional 

Inilah beberapa alasan mengapa anak membutuhkan permainan terutama permainan tradisional ( Bermain Itu Asyik : Wahyu M. Gunawan ) yaitu :

1. Anak-anak dan makluk hidup pada umumnya memiliki dorongan atau hasrat untuk bergerak. Yang dimaksud dengan bergerak disini adalah melakukan aktifitas gerakan terencana yang dibutuhkan tubuh, terutama berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
2. Anak-anak membutuhkan kesempatan bermain untuk melatih dirinya, menempatkan dirinya di dalam masyarakat, sebagai bagian dari komunitas lingkungannya. Lebih jauh lagi adalah mempersiapkan diri untuk hidup sebagai manusia yang bermasyarakat.
3. Dengan memberi kesempatan untuk bermain berarti dapat memenuhi nalurinya untuk bergaul dengan orang lain.
4. Bermain bagi anak dapat dijadikan solusi untuk mengetahui kemampuan dirinya dibandingkan dengan orang lain atau dengan kemampuan dirinya sendiri, saat ini dengan yang lalu.
5. Anak-anak cenderung memiliki fantasi tertentu. Dengan bermain ia dapat menyalurkan fantasinya, dengan menjadi atau meniru tokoh-tokoh tertentu, misalnya supermen, tokoh binatang, tokoh pangeran dan sebagainya.
6. Dengan bermain, anak-anak dapat mengukur dirinya, baik dengan mengadu kecakapannya, keberaniannya atau keberuntungannya, dengan orang lain.

Adapun manfaat yang dapat diambil dari permainan adalah :

1. Anak dapat bergaul dengan orang lain
2. Dapat bekerjasama dengan orang lain.
3. Mengesampingkan perasaan egois
4. Memupuk sportivitas.

Meskipun anak harus mengikuti perkembangan jaman namun cobalah untuk mengenalkan permaian tradisional kepada anak. Permainan tradisional merupakan suatu budaya yang harus turun temurun kita wariskan kepada penerus kita. Jangan sampai budaya tersebut hilang tergerus arus teknologi. Disaat Negara lain berlomba untuk mempertahankan budaya nya justru kita sebagai bangsa yang besar merelakan budaya kita harus terdepak oleh budaya asing. Permainan Tradisional merupakan warisan budaya yang dapat dengan mudah kita pertahankan asal ada kemauan untuk mengembangkan juga memperkenalkannya ke anak-anak sejak dini, agar mereka tau permainan apa saja yang dalam kenyataan dahulu permainan tersebut menjadi permainan favorit, namun kini telah hilang bahkan untuk mengetahui cara bermainnya saja tidak ada sarana yang dapat memperkenalkannya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger