Home » » Menjadi Green Entrepreneur Muda Yang Handal

Menjadi Green Entrepreneur Muda Yang Handal

Written By Arfan Asri on Kamis, 19 Juli 2012 | Kamis, Juli 19, 2012


Sekarang ini, Menjadi green entrepreneur muda yang handal merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk para pebisnis, khusus nya dikalangan anak muda yang selalu mengembangkan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Green entrepreneur berorientasi kepada kepedulian lingkungan dan secara berkelanjutan meneruskan aksi mereka untuk menciptakan ekonomi yang hijau di masa yang akan datang.

Prinsip dasar untuk green entrepreneur sama dengan wirausaha pada umum nya. Mereka para green entrepreneur muda yang handal adalah sesorang yang memanfaatkan kesempatan bisnis yang ada (seek for business opportunity) dan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut (profitability), serta di dukung dengan kegiatan yang menanggulangi permasalahan pada lingkungan dan sosial (socio-environmental).

Green entrepreneur atau biasa disebut dengan Ecopreneur, juga menciptakan lapangan pekerjaan dengan skala besar untuk banyak orang disekitar mereka, dengan memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk ikut melestarikan lingkungan dalam bisnis mereka. Lingkungan disini, tidak hanya alam saja lho! para pekerja (labor) dan masyarakat (society) juga merupakan bagian dari lingkungan yang perlu kita perhatikan hak-hak nya.

Berangkat dari permasalahan yang ada diatas, berikut adalah 3 peluang bisnis yang masih terbuka untuk kalian, dalam menjadi green entrepreneur muda yang handal!

1. Bisnis Makanan Sehat
Dengan meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap makanan yang aman untuk dikonsumsi dan pengaruh buruk dari makanan yang menyebabkan obesitas, kekhawatiran ini menciptakan kesempatan untuk kalian menawarkan bisnis makanan yang sehat, tanpa menggunakan bahan kimia dan pestisida yang dapat merusak kesehatan manusia dan lingkungan.


Potensi peluang bisnis: Membuat kedai kopi (coffee shop) sederhana dan menarik yang menggunakan biji kopi organik.


2. Menciptakan Inovasi Melalui Produk Ramah Lingkungan
Dewasa ini konsumen menjadi lebih sadar akan dampak kesehatan dan lingkungan dari produk yang mereka gunakan setiap hari. Permintaan untuk produk yang aman,efektif, tidak beracun dan tidak merusak lingkungan terus meningkat. Ini merupakan peluang bagi kalian green entrepreneur muda yang inovatif untuk memenuhi permintaan ini dengan memulai bisnis rumahan(home-based business).


Potensi peluang bisnis: Merancang dan memproduksi pakaian organik yang menggunakan bahan dasar yang ramah lingkungan seperti kapas organik dan pewarna alam.



3. Menjadi Bagian dari ReUse Revolution
Recycling atau daur ulang merupakan alternatif untuk kalian memanfaatkan limbah produk tidak dibuang begitu saja, melainkan menggunakannya kembali untuk sesuatu hal yang lebih berguna dan bermanfaat. Membuat barang-barang konsumen baru dari bahan daur ulang dapat membantu untuk mengurangi limbah, menjaga ruang di tempat pembuangan sampah tidak meluap dan mengurangi panas global.

Memperbaharui barang konsumen (atau juga biasa disebut dengan upcycling) ialah memanfaatkan peluang untuk para green entrepreneur dalam menemukan cara pembuatan pakaian dan furniture dari bahan daur ulang.


Potensi peluang bisnis:

a) Membuat furniture dari bahan bekas, atau memperbaharui furniture lama untuk dijual kembali

b) Merancang dan memproduksi pakaian yang terbuat dari kain yang sudah didaur ulang atau digunakan





Saya berharap setelah kalian membaca artikel ini, ada kegunaan dan manfaat dalam memberikan inspirasi bagi kalian untuk mengembangkan business plan kalian dan mulai mempersiapkan sebuah bisnis yang berorientasi terhadap lingkungan.

Selamat mencoba menjadi green entrepreneur muda yang handal di Indonesia!
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger