Home » » Mengintip sejarah,pembuatan,jenis pasta gigi yuk

Mengintip sejarah,pembuatan,jenis pasta gigi yuk

Written By Arfan Asri on Senin, 23 Juli 2012 | Senin, Juli 23, 2012

Menyikat gigi dua kali sehari tentunya jadi sebuah kewajiban yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Saat ini peralatan yang dibutuhkan saat menyikat gigi adalah sikat dan pasta gigi.

Sejarah Singkat
Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jari-jari tangan.
Sementara menurut naskah kuno dari Persia, sekitar 1000 tahun lalu masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk.
Penggunaan pasta gigi krim seperti yang sekarang kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Perusahaan Colgate yang ada di Amerika Serikat adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk ini.

Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasanya dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol, yaitu salah satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik.


Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut/mouthwash. Odol moutwash pada tahun 1900 an adalah merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa.


Karl August Lingner
Karl August Lingner adalah orang yang menciptakan Odol moutwash dan dia adalah orang yang giat mengampanyekan Hidup Higienis. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada tahun 1911. Dia mendirikan museum The German Hygyene Museum di Dresden.Wikipedia Ternyata ODOL bukan yang pertama sebagai merk yang memproduksi massal,Pasta Gigi pertama yang diproduksi masal hampir 90 tahun sebelum Merk ODOL lahir.

1817 Iklan Colgate Pertama

Bahan yang dibutuhkan :

Sodium lauril sulfat ................................ 50 gram
Glycerine ............................................. 250 cc
Magnesium carbonat ............................. 100 gram
Calcium carbonat ................................. 100 gram
Minyak pisang ambon ............................. 10 cc
Minyak peppermint .................................. 5 cc

Alat-alat yang dibutuhkan :

2 (dua) panci email
1 (satu) centong (sendok)

Cara membuatnya :

Sodium lauril sulfat dilarutkan pada Glycerine, sambil diaduk sampai merata (a).
Magnecium carbonat dan Calcium Carbonat dicampur jadi satu pada tempat yang lain (b).
Hasil percampuran tepung tersebut di atas, dilarutkan pada larutan (a) sedikit demi sedikit sampai merata.
Kalau percampuran tersebut sudah mengental dan halus, minyak pisang ambon dan minyak pepermint dilarutkan, dan diaduk sekali lagi sehingga betul-betul halus/matang.
Keterangan : Sodium lauril sulfat selain dipergunakan untuk pembuatan pasra gigi (odol), juga dapat dipergunakan untuk pembuatan sampo, baik cair maupun tepung dan sebagai pengganti sodium lauril sulfat juga dapat menggunakan SAPO VEREDIS atau sabun lembek/sabun hijau yang bentuknya seperti vaslin kuning tetapi agak kehijau-hijauan.

1. Odol T*i
Odol ‘The Twin Lotus’ adalah odol herbal atau yang komposisinya alami. Anda pasti biasa aja melihat odol ini karena bentuknya biasa. Ini alami tapi kalau anda tahu isinya pasti anda terkejut. Isinya adalah :

2. Odol coklat
Di tahun 2005, Unilever Filipina mengeluarkan prodak limited edition yaitu odol yang berasa coklat. Odol Closeup ini mungkin tidak terlalu aneh tetapi, penelitian dari Tulane University kandidat doktor Arman Sadeghpour menunjukan isi dari odol ini adalah cocoa powder. dan Itu lebih efektif dari flouride di odol-odol biasa

3. Odol Daging B*bi
Daging b*bi menjadi makanan yang populer sekarang di Amerika sana. dan Semua orang punya produk yang terbuat dari Daging b*bi dari hanya sekedar makanan sampai prodak yang lain. Dengan odol yang berflouride yang membersihkan gigi anda, anda bisa merasakan kenikmatan rasa daging b*bi. Mungkin ini tak terlihat seenak yang di masak tapi rasa daging b*bi pasti suka rasa dan baunya, untuk yg muslim jgn di coba

4. Odol Whiskey
Ini termasuk odol yang unik. Odol ini mempunyai rasa yaitu beer. Atau rasa Whiskey. Anda bisa menikmati rasa scotch dan bourbon tanpa harus membelinya dengan beli ini aja udah bisa merasakan rasa whiskey

5. Odol Two Ways
2 jalan odol sangat menarik. Ini pas untuk orang yang kesulitan mengeluarkan odol dari wadahnya. Ketika si pemakai tidak bisa mendorong dari tempat ujung yang lain pemakai bisa mengeluarkan dari sisi terdekat odol. Ini sangat berguna mengeluarkan dari sisi lainya , (odol yg aneh !)

6. Odol Berwarna Hitam
Odol ini bermerkan ‘Monkey’. Odol yang sangat menarik. Odol ini berisikan dari serbuk-serbuk yang alami. Ini bisa melezatkan juga menyehatkan. dan Tentunya ada black powder yang membuat odol ini berwarna hitam.

7. Odol Lipstik
Odol aneh ini bernamakan E-mail Diamant Rouge yang berasal dari prancis. Nah, sekarang odol yang memutihkan gigi adalah hal yang luar biasa. Bagaimana caranya odol berwana merah tua bisa memutihkan gigi?..Begini caranya, odol yang berwarna merah ini mempunyai banyak clove/licorice/rasa mint, dan memberikan efek keputihan lebih dari odol biasa. Rahasianya keputihanya adalah cahya reflek dari gigi. Membuat gigi bersinar dan tidak berwarna merah sebagaimana warna odolnya.

8. Odol Sampanye
Apabila anda lebih memilih sampanye dari pada whiskey. Odol ini pas untuk anda. Anda bisa merasakan rasa sampanye hanya $10 atau 100.000 kurang dalam rupiah. Gimana gan? mau whiskey ato sampanye?

9. Odol Hitam dari Jepang
maap gan klo gambar'a sama, ane ga ketemu gambar'a
Mungkin anda semua tidak tertarik dari hasil karya ini. Odol ini sangat berguna. Dari warnanya yang menggambarkan ‘membersihkan’ ternyata komposisinya juga membersihkan. Untuk menetralkan racun dalam tubuh :

dan yg trakhir !!
Tadaaa !!!! (gaje lo TS !! )

10. Odol Es Krim
Odol Tanner’s Tasty membuat anda merasakan rasa es krim. Dibuat oleh seorang dokter gigi Janelle Holden, yang bercita-cita untuk membuat sikat gigi membersihkan tapi berkesan untuk anak-anak. Odol ini sangat enak. Ada 3 rasa dari odol es krim ini Cha Cha Chocolate(coklat),Banilla Bling dan Blingsicle yang berasakan vanilla dan jeruk..
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger