Home » , » YUK! Belajar Menggambar ala Manga! - Boy

YUK! Belajar Menggambar ala Manga! - Boy

Written By Arfan Asri on Minggu, 24 Juni 2012 | Minggu, Juni 24, 2012

1.
Dalam menggambar, kita akan selalu menggunakan beberapa garis bantu (alias sketsa dasar) agar gambar kita menjadi lebih rapih dan proporsional.
Nah, garis bantu apa saja yang akan kita pakai? kita mulai dengan membuat sebuah garis lingkaran.



2.
lalu kita buat sebuah garis vertikal di tengah-tengah lingkaran tersebut, dan buat garis vertikalnya lebih panjang dibagian bawah lingkarannya ya



3.
nah, sekarang gantian kita buat garis horizontal di tengah-tengah lingkaran tadi. Garisnya boleh lebih dikit dari lingkarannya.



nah... garis-garis bantu tadi adalah yang paling dasar dan paling penting. Garis bantu selanjutnya adalah optional, tapi ane rekomendasikan untuk tetap dibuat agar gambar menjadi lebih proporsional dan feeling agan menjadi lebih mantab

4.
ok, sudah selesai dengan garis bantu basicnya? sekarang kita perdetail lagi garis-garis bantunya agar presisinya nanti akan lebih mantab.
Buatlah garis horizontal yang sedikit lebih kebawah dari tepi paling bawah lingkaran tadi, panjang garisnya minimal sepanjang garis horisontal sebelumnya ya



ini akan kita namakan sebagai garis rahang. karena nanti garis bantu ini akan membantu kita menentukan letak rahang karakter kita. penasaran? hayu kita lanjutkan lagi

5.
sekarang buatlah sebuah penanda kecil di garis vertikal tadi, jaraknya dari tepi lingkaran terbawahnya adalah sekitar 1/4 dari total diameter lingkaran tadi.



ini adalah garis dagu, inilah yang akan menentukan seberapa besar panjang kepala karakter kita nanti

6.
mulai bosan dengan membuat garis-garis yang ga jelas mulu ya?
sabar gaaan, dikit lagi bakal mulai kelihatan kok... hehehe

nah, buatlah garis vertikal (yang agak miring) mulai dari sisi paling kiri lingkaran, sampai ke garis rahang yang barusan kita buat tadi.



7.
Lanjutkan garis yang agan buat barusan tadi, kali ini tarik garisnya sampai ke garis dagu.



8.
nah, sekarang buatlah garis yang sama dengan step 6 dan 7 tadi, bedanya, sekarang garisnya berada di sisi kanan dan merupakan kebalikan dari garis step 6 dan 7 tadi.



hayoooo, mulai keliatan kan? semangat semangat!

9.
"waduuuh, kok garis kepalanya jadi keliatan lancip gini... "
tenang dulu gan, pada dasarnya itu tadi adalah garis bantu bentuk kepala, hehe.

Naaah, sekarang kita perhalus garis-garis lancip tadi, biar terasa lebih alami bentuk kepalanya



10.
Alright! sekarang garis kepala yang lancip tadi sudah bisa kita hapus, garis rahang dan garis dagu juga sudah bisa di hapus. Hati-hati ya menghapusnya, jangan sampai garis kepala (yang benarnya) ikut terhapus, dan jangan pake emosi menghapusnya, kasian kan nanti kalau kertasnya lecek



wooohoooo! jadi deh gambar bentuk kepala kita! sekarang ayo mulai menggambar matanya

11.
Untuk mata, kita akan membuat beberapa garis 'penentu' dan 'pembatas' lagi. Penasaran? Atau sudah bosan membuat garis-garis lagi? Jangan sampai bosan ya gan, semua garis ini sangat berguna kok. Lah tadi coba, buktinya kita sudah membuat garis-garis yang banyak banget, dan pada akhirnya? Hasil akhirnya cukup proporsional kan? Naaah, makanya jangan bosan-bosan gan ngebuat garis-garis pembantu ini

Kali ini kita akan membuat beberapa tanda untuk membuat gambar mata, buatlah sebuah titik di garis horisontal lingkaran tepat di tengah-tengah antara garis vertikal lingkaran dan tepi lingkaran.

lalu buatlah titik yang sama juga pada sisi sebelahnya



titik tadi adalah yang akan menandakan lokasi gambar mata kita akan berada

12.
more dots! sekarang bagilah lagi jarak tersebut tadi dengan titik penanda. Buat se-equal mungkin



titik-titik tadi adalah titik yang akan menentukan seberapa besar gambar mata kita nanti.


13.
ok, ane yakin agan-agan sekalian pasti sudah berkoar-koar karena sudah kesal disuruh membuat titik-titik terus. Tadi udah garis, sekarang titik, nanti apalagi??! >.<
Hehehe, tenang gan, justru asiknya itu dimulai dari sekarang. Siap? hayu kita mulai menggambar matanya! yuhu!

Kita mulai dengan membuat garis lengkung yang akan menjadi kelopak atas mata kita

posisi dari kelopak ini sendiri optionable, tapi ane sarankan untuk selalu sedikit dibawah garis horisontal lingkaran, kecuali untuk special occassion seperti tokoh sedang melotot, etc bisa sampai diatas garis horisontal lingkaran.



14.
lalu kita buat garis lengkung dibawahnya dengan panjang yang lebih kecil dari garis kelopak atas tadi. Garis inilah yang akan menentukan seberapa 'sipit/belo'nya mata karakter kita



15.
hiiiy, serem ya gan, karakternya seperti lagi pingsan
hayu buruan dibuat pupil matanya



16.
ok, sekarang bikin alisnya gan, karena ini karakter cowo, bikin alisnya yang agak tebal ya gan, biar 'cowo'nya kelihatan




17.
Hore! Matanya udah jadi!
Hehehe, udah mulai kelihatan hasilnya kaaan? Hayu kita teruskan sampai akhir gan! Keep the spirit on fire!!! :

Sekarang kita buat gambar hidungnya. Kita akan buat gambar hidung yang cukup simpel aja, caranya? coba kita tarik garis kecil di tengah2 garis vertikal lingkaran.

Kita mulai dari menarik garis dari atas, garisnya yang tipis dulu ya, lalu semakin ke bawah semakin tebal garisnya, lalu sebelum mencapai persilangan antara lingkaran dengan garis vertikalnya, tipiskan lagi garis hidungnya.

kira-kira seperti inilah gambar hidungnya, simpelkan?



inilah hasilnya ketika ditempatkan ke gambar kepala kita



18.
waaaah, tinggal mulut nih sebelum gambar mukanya lengkap!
untuk ukuran mulut, kita bisa bebas menentukan seberapa lebar atau imutnya mulut karakter kita, meski biasanya lebarnya tak melebihi jarak kedua mata. Tapi kembali lagi, ini preferensi masing-masing. Disini ane akan memberikan sebuah senyuman kecil... hihihihi



hihihi, karakter kita sedang tersenyum!

19.
telinga! telinga! hayu kita buat gambar telinganya. Caranya gimana? Garis telinga itu kurang lebih sama seperti huruf C, dan lipetan dalam daun telinganya itu seperti huruf S. Hehe, main huruf-huruf sekarang nih

posisi telinga itu biasanya dimulai dari bagian tengah mata, sampai tepi bagian bawah lingkaran. Hayu dicoba



20.
aaaah! kecewa nih! garis bantunya sepertinya mengganggu gambarnya ya? ya sudah, saatnya menghapus garis-garis bantu ini! toh kerja garis-garis itu sudah selesai..
siap2 dihapus...



HAYOOO!!! ga nyangka kan? Bisa jadi gitu ternyata! hehehehehhe ajaib kan?

tapi ada yang kurang nih.... KARAKTER KITA GUNDUL!!!! yahahahahhaha. Hayu dibuat rambutnya sekarang biar karakter kita ga ngambek gara-gara kepalanya kinclong

21.
untuk menggambar rambut, kita akan membuat 2 garis bantu lagi (2 garis ini yang terakhir gan!!! suerrrrrrr )

pertama-tama buatlah sebuah garis lengkung di atas mata... seperti ini



naah, garis ini adalah garis batas tumbuh rambut, bayangkan saja seperti seberapa luas jidat karakter agan

bentuknya adalah seperti huruf C yang sedikit lebih menggembung di kedua sisinya

lalu buat garis lengkung lagi di luar lingkaran dan ikutilah kelengkungan garis batok kepala.



garis ini akan menentukan seberapa tebal rambut karakter kita. Jadi seberapa tebal terserah agan ya! asal jangan terlalu tipis/tebal juga

ok, persiapan rambut telah selesai, sekarang kita maju lagi ke penggambaran rambutnya itu sendiri! Maju!!!

22.
hayu kita buat poni rambutnya dulu! Ingat, kita sudah membuat garis pembatas tumbuh rambut, jadi jangan membuat garis /\ lebih dari garis yang telah ditentukan tadi... contohnya seperti ini


ini salah! jangan lakukan ini!

jangan melebihi garis yang telah ditentukan sebelumnya, yang benar adalah seperti ini.


naaah, terasa lebih natural bukan?

23.
ok.. lanjooeet, sekarang kita akan membuat rambut bagian luarnya. Ingat, kali ini garis batas tumbuh rambut adalah lingkaran batok kepala. Sedangkan untuk ketebalan rambutnya, atau model zig-zag rambutnya, ikutilah garis ketebalan rambut yang tadinya telah ditentukan



24.
wowowowowowowo bentar lagi selesai! Tapi sebelum itu mari kita gambar dahulu lehernya.

tebal leher untuk laki-laki biasanya sekitar jarak antara kedua mata. Tapi ini tidak menjadi keharusan, kadang bisa lebih lebar dan kadang bisa lebih kecil juga



daaaaan, tinggal hapus garis batas tumbuh rambut dan ketebalan rambutnya, beri warna sedikit... dan... voila!!!!



SELAMAT!!!!!
kita telah selesai membuat gambar kepala karakter kita! gimana? asik bukan?

well, at least the result isn't too bad, is it?
lah wong TSnya aja sendiri gambarnya belum bagus kok (udah tau belum bagus, malah nekad bikin trit tutorial aja )


Terima kasih kepada agan silversky338 yang telah membuat artikel semenarik ini
Share this article :

1 komentar:

  1. maaf masbro. Saya yakin informasi diatas tadi diambil dari kaskus bukan?
    Setidaknya tolong untuk memberikan credit untuk pembuat asli tutorial ini (sang thread starter-nya). Biar nanti tidak dituduh pencurian copyright :D

    terima kasih.

    BalasHapus

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger