Home » » Mengintip Pesona Pantai Baurung di Sulawesi Barat

Mengintip Pesona Pantai Baurung di Sulawesi Barat

Written By Arfan Asri on Kamis, 03 Mei 2012 | Kamis, Mei 03, 2012


Nama Pantai Baurung masih asing di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya. Pantai yang terletak di Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat ini memang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat luar Campalagian. Jangankan masyarakat luar, masyarakat lokal pun masih ada beberapa yang belum mengetahui tempat yang penuh pesona ini.

Meskipun jarak dari menuju pantai ini cukup jauh dari keramaian dan kondisi jalanannya buruk, setiap hari ada saja pengunjung yang datang untuk sekedar melihat-lihat, berfoto, mandi, bahkan memancing ikan di pantai ini. Apa saja keunikan dari pantai ini? cekidot gan!

1. Tempat Berenang yang Aman Untuk Anak-anak
Tidak seperti pantai lain yang setelah bagian pasirnya habis, maka langsung bagian laut yang didapatkan. Pantai Baurung memiliki semacam delta sungai yang memang tersambung langsung ke laut. Setelah bagian pasir, ada genangan air yang kedalamannya hanya sampai sepaha orang dewasa. Bagian ini tidak berombak dan arus dari sungainya pun sangat pelan. Orangtua yang biasanya takut untuk membawa anaknya ke laut karena takut anaknya tenggelam bisa berwisata ke pantai Baurung ini. Bagian ini dijamin aman untuk anak-anak yang ingin bermain air atau bola air.

2. Pulau Pasir
Setelah bagian yang aman untuk anak-anak tadi, maka akan kita dapati bagian yang nampak seperti pulau. Tempat ini biasanya digunakan untuk bermain bola oleh remaja-remaja yang datang berkunjung. Setelah bagian ini, terhamparlah laut yang luas di depan kita.

3. Tanggul untuk Memancing Ikan
Hal ini mungkin terdengar biasa-biasa saja. Namun dari atas tanggul ini, kita dapat melihat ikan-ikan berbagai ukuran berenang-renang di dalam air. Kita pun tidak akan kesusahan untuk memancing karena jernihnya air pantai ini, ikan-ikan dapat terlihat dengan jelas.

4. Suasana Natural
Kebanyakan pantai di Indonesia akhir-akhir ini telah dikenakan berbagai perombakan karena debit air laut yang terus meningkat. Sehingga banyak terdapat pantai-pantai yang telah hilang kesan naturalnya. Pantai Baurung masih belum dirombak oleh tangan manusia. Kecuali penambahan tanggul yang malah menambah keindahan tempat ini. Puluhan pohon kelapa tinggi menjulang. Bahkan kerap pula didapati sapi-sapi yang sedang merumput di pantai ini.

5. Bekas Penebangan Kelapa
Di pantai Baurung ini terdapat pula banyak bekas-bekas penebangan kelapa tua. Uniknya, bekas-bekas penebangan ini tersusun teratur dan sangat bagus dijadikan sebagai objek foto.

6. Sunset/Sunrise
Mungkin melihat sunset/sunrise di pantai sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Namun, untuk melihat matahari tenggelam di balik gunung dari pantai pasti masih merupakan pemandangan yang jarang. Pantai Baurung menyajikan pemandangan eksotis ini setiap senja. Kala air yang membiaskan cahaya jingga dari matahari yang mulai bersembunyi di balik selimut pegunungan, tak terbayangkan betapa romantisnya!

7. Ombak yang Tenang
Tidak seperti pantai Kuta yang ombaknya bagus untuk melakukan surfing, ombak di Pantai Baurung cenderung tenang sehingga memudahkan orang-orang yang belum tahu berenang untuk belajar sambil menikmati alam. Memang diakui, belajar berenang di kolam renang lebih terjamin keamanannya daripada di laut. Namun, di pantai ini kita bisa tenang dengan ombaknya yang bersahabat.
Share this article :

1 komentar:

  1. i like,,nabung biar bisa ke sana ah,,sapa tau akomodasi bisa kepotong,,nginep di rmh bang bro..xixixxii

    BalasHapus

 
Support : Seputar Parepare | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. B@n9 - 13ro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger